Jumat, 11 Mei 2012

Cara Pembuatan Tempe Ternyata Mudah


Siapa yang tak tahu makanan tradisional yang satu ini, karena mungkin bagi orang yang sering mengunjungi pasar sering menemui makanan khas Indonesia ini. Mungkin hanya sebagian orang yang tahu cara membuat Tempe, terutama orang per-kotaan mungkin tidak tahu sama sekali. :D
Dalam postingan blog saya kali ini akan mengulas sedikit tentang cara pembuatan Tempe, kebetulan tempat tinggal dimana saya berada sekarang ini merupakan daerah yang mayoritas para penduduknya bermata pencaharian sebagai pembuat Tempe.

Tak perlu banyak bicara lagi, kita mulai membahasnya sekarang ini. Perlu kita ketahui sebelumnya bahan dasar pembuatan tempe adalah kacang kedelai yang telah dikupas kulitnya.
Langkah awal adalah kita mencuci dulu kacang kedelai hingga bersih dari kulit-kulit tipisnya. Selanjutnya kita tiriskan hingga mongering tapi tidak perlu sampai kering banget, asal sudah keliatan lembab. Lalu kita rebus kacang tersebut dengan air secukupnya hingga matang. Setelah matang kita diamkan 1 hari, agar kacang tersebut agak basi dengan ciri2 terasa asam.



Setelah kita diamkan 1 hari, kita cuci kembali kacang tersebut sambil diremas pelan-pelan hingga kacang tersebut terbelah menjadi 2 bagian dari setiap kacangnya. Setelah itu kita campur kacang-kacang yang telah dibersihkan tadi dengan sedikit Ragi. Mulailah kita memasuki tahap pencetakan tempe tersebut.
 
Pencetakan tempe tak ada aturan yang khusus, ada yang berbentuk balok dan ada juga berbentuk prisma setengah lingkaran. Yang penting dalam pencetakan mesti agak padat dengan bungkusnya. Oia, bungkus untuk tempe sendiri bermacam-macam. Ada  bungkus yang terbuat dari plastik dan ada juga dari daun pisang yang masih segar (belum menguning) di sesuaikan dengan selera masyarakat atau konsumen.



Dari waktu pencetakan, kita memerlukan waktu sebanyak 2 hari untuk dapat mengkonsumsi tempe, karena kita perlu menunggu ragi yang kita campurkan sebelumnya menghasilkan jamur-jamur yang akan membusukan kacang hingga menjadi tempe.

Nah, mudahkan caranya. Silakan bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah masing-masing. Atau jika tak mengerti dengan ulasan saya dalam postingan ini, dapat anda kunjungi daerah produksi tempe terbanyak Kota Tasikmalaya di daerah Ampera dimana saya tinggal sekarang, sekalian bersilaturahmi dengan saya sendiri.haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan beri komentar pada kolom di bawah ini!!